Selasa, 22 November 2011

anindyta punya

Jenis Dan Macam-Macam Bunga Mawar

Jenis dan varietas bunga mawar secara umum dikelompokan dalam tiga golongan besar:

a) Wild Rose ( Mawar Liar)
Asalnya tumbuh liar. Bentuk bunganya sederhana, hanya beberapa petal, tetapi sangat cepat berkembang biak serta tahan hama penyakit dan tidak mudah mati. Mawar liar ini biasa digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar. Mawar liar ini sudah dikenal manuasia sejak jaman dahulu. Beberapa spesies  mawar terkemuka dan beberapa hibrida yang dihasilkan merupakan contoh mawar liar

b)Old Garden Roses (Mawar Kuno)
Tea di tahun 1867. Bentuk bunganya unik dan berbau harum. Petal bunga mawar ini sudah lebih kompak. salah satu kelemahan mawar kuno ini adalah bunganya hanya berbunga satu kali semusim. Walaupun saat keluar berbunga itu amat banyak bunganya dan bisa berlangsung sampai 2 bulan, tetapi setelah itu dia akan istirahat berbunga atau berbunga kembali di tahun berikutnya ini adalah jenis-jenis mawar yang disusun menurut umur dari yang paling tua.
1. Alba
Mawar putih hasil persilangan Rosa arvensis dengan rosa alba. Alba merupakan contoh bunga mawar taman yang paling tua dibawa ke inggris oleh bangsa romawi kuno, berbunga setahun sekali, contoh semi plena dan white rose of york.
2.Gallica
Hasil persilangan dari rosa gallica yang berasal dari eropa bagian tengah dan selatan. berbunga sekali dimusim panas. Contoh Cardinal den Richelieu, Charles de mills, dan Rosa Mundi (Rosa gallica versicolour)
3.Damask
Dibawa ke eropa dari persia oleh robert de Brie sekitar tahun 1254 dan tahun 1276.Mawar jenis summer damasks (persilangan antara Gallica dengan Rosa moschata) berbunga dimusim gugur. Contoh: Ispahan dan madame hardy.
4.Centifolia
Dikenal juga sebagai provence. Secara harafiah berarti "seribu daun mahkota" Mawar hasil ini adalah mawar pemuliaan di abad ke-17 dibelanda berbunga setahun sekali. Contoh: Centifolia Dan Paul Ricault.
5.Moss
Masih kerabat dekat centifollia. Batang dan daun kelopaknya seperti ditumbuhi lumut berwarna hijau. Berbunga setahun sekali Contoh: Comtesse de marinais dan Old pink moss
6.China
Dapat berbunga berkali-kali sepanjang musim panas hingga musim gugur: Ada empat jenis (Slater's Crimson China 1792, Parson Pink China 1793, Home's Blush China 1809, dan park yellow Tea Scented China 1824) yang dibawa masuk ke Eropa pada akhir abad ke-18 dan abad ke-19.Jenis-jenis ini kemudian dimuliakan menjadi mawar old garden yang dapat berbunga berkali-kali, seperti old blues china dan mutabilis.
7.Portland
Dinamakan untuk mengenang Duke Of Portland yang menerima mawar  dari italia tahun 1800 "Mawar sering dikenal dengan the portland rose" (Nama lain: Rosa Paestana atau scarlet for season' Rose) ini merupakan moyang mawar portland. Contoh: James Veitch,Rose de Resht, dan the portland Rose.
8.Bourbon
Mawar yang berasal dari I'lle den buorbon (Sekarang disebut Reunion, koloni Prancis di Lautan Hindia) ini diperkenalkan di Prancis pada tahun 1823. Hasil persilangan Autumn Damask dan Old Blush China. Berbunga berkali-kali. Contoh: Louise Odier.Mme, Pierre Oger, dan Zephirine Drouhin
9.Hybrid Perpetual
Mawar yang banyak dijumpai di inggris pada zaman Victoria ini merupakan keturunan dari bourbon. Berbunga berkali-kali. Contoh: Ferdinand Pichard dan Reine Des Violettes
10.Tea
Mawar hasil persilangan Hume's Blush China atau 'Parks Yellow Tea Scented China' dengan berbagi jenis bourbon dan Noisette. Berbunga berkali-kali walaupun tidak berbau harum seperti teh.Contoh:Lady  Hillingdon.
11. Bermuda "Mysterious" Roses (Mawar misterius bermuda)
Kelompok yang bersal dari beberapa kelompok mawar asal bermuda yang sudah dibudidayakan sekitar satu abad dibermuda sewaktu "ditemukan" kemungkinan besar mawar bermuda merukan percabangan atau kultivar mawar old garden yang dibuang karena dianggap tidak bisa dipakai. Mawar bermuda mempunyai nilai ekonomisyang tinggi karena bisa tumbuh didaerah tropis dan sub tropis. Mawar jenis ini dapat berbunga pada cuaca panas dan lembab. tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh Nematoda Dan penyakit Bercak hitam yang menjadi ancaman terhadap tanaman bunga mawar di iklim sedang dan lembab, mawar bermuda disebut mawar misterius karena nama asli jenis ini sudah tidak diketahui lagi berdasarkan nama pemilik taman.
12.Climbing Rose (Mawar Memanjat)
Kelompok yang suka memanjat pada pohon dan bangunan kanopi ini, misalnya:Ayshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbig Tea, dan Climbing Bourbon.
13.Shrub Roses (Mawar Semak)
Kelompok dengan kebiasaan semi memanjat ini serta merambat pada pagar dan bangunan kanopi. Bunga kecil dan sedang tahan sampai lama.

c) Modern Garden Rose ( Mawar Modern)
Masa mawar modren dimulai saat dimunculkanya kultivar mawar pada tahun 1867. Mawar La France ini hasil karya Jean-Baptiste Guillot. seorang rosieriste (Ahli mawar dalam pemuliaan mawar) asal Lyon, France. La France  ini merupakan persilangan antara Rose Madame, viktor Verdier, dan Rose Madam Bravy Atau Rose Madam Falcot.

Ciri bunga mawar modern: Berbunga double/Kompak, jumlah petal banyak dan bisa mencapai 60 petal bahkan lebih, berbunga terus menerus, dan ada yang wangi dan ada yang tidak.

Keturanan mawar old garden bentuknya beraneka ragam. Kelompok ini dibagi-bagi berdasarkan ukuran tanaman dan ciri khas bunga misalnya: Tanaman semak dengan bunga besar, tanaman semak dengan bunga besar berulang kali, bunga berkelompok menjalar, dan bunga berulang kali, serta semak pendek, dan berbunga sekali. Sebagian kultivar model mutakhir dapat digolongkan kedalam 2 kelompok.

1.Hibrid Tea
Mawar yang ideal untuk bunga potong karena satu batang bisa menghasilka 5-6 bunga. Bunga berukuran besar dab anggun, memiliki daun mahkota yang tertutup rapat dan pinggirannya sedikit terlipat Keluar, serta sering ditanam di kebun-kebun kecil dan disematkan sebagai mawar korsase/Corsage untuk acara pernikahan
2.Floribunda
Bunga kecil-kecil yang merupakan kelompok dari 10 bunga atau lebih pada satu batang. Bunga yang rimbun dan mencolok dari kejauhan sehingga bagus untuk ditanam ditaman-taman umum dan ruang terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar